Minggu, 16 Oktober 2016

Penyakit Kulit Pada Anak Dan Cara Pencegahannya

Penyakit Kulit Pada Anak Dan Cara Pencegahannya


Selamat datang di websaite resmi aman terpercaya sebagai penjual obat herbal alami Toko Zahra Herbal Kami sebagai agen resmi terbaik dan TERPERCAYA yang siap melayani, pemesanan, dan pengiriman obat herbal keseluruh penjuru kota yang berada di Indonesia dan di kirim dengan jasa JNE. Kali ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yaitu penyakit kulit pada anak dan cara pencegahannya.


Kulit merupakan organ tubuh yang memiliki peranan penting. Tanpa kulit, maka otot, tulang dan organ-organ tubuh lainnya tidak bisa berhubungan satu sama lain. Kulit juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh dan membantu kita merasakan sentuhan. Karena begitu pentingnya fungsi kulit, maka sudah menjadi tugas kita untuk menjaga kesehatan kulit, terutama kulit anak. Dibanding orang dewasa, kulit anak-anak lebih rentan mengalami berbagai masalah penyakit kulit, berikut beberapa jenis penyakit kulit yang banyak diderita anak-anak


Penyakit Kulit Pada Anak Dan Cara Pencegahannya


1. Eksim Atopik


Penyakit ini umumnya mulai timbul pada bayi umur 3-4 bulan yang dapat berlanjut sampai remaja dan dewasa. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya bercak kemerahan disertai beruntus-beruntus merah bahkan bisa berbentuk lenting yang berisi cairan dan luka pada kulit. Gejala biasa timbul di kedua pipi, sehingga ASI sering diduga menyebabkan masalah ini, padahal tidak ada hubungannya sama sekali. Selain pada kedua pipi, gejala juga bisa meluas ke tungkai bawah dan badan. Penyakit ini disebabkan karena faktor genetik, kerusakan fungsi barier kulit dan proses alergi terhadap bahan


Pencegahan: Lakukan perawatan yang sesuai dengan kulit anak, dan hindari faktor pencetus, seperti tungau debu rumah, kacang-kacangan, bahan iritan, dan lain-lain.


2. Biang Keringat


Kondisi ini terjadi karena penyumbatan saluran keringat pada anak yang menimbulkan bintik-bintik berwarna merah pada tubuhnya. Biang keringat paling sering terjadi pada daerah kepala, leher, bahu dan area yang tertutup pakaian.


Pencegahan: Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Hindari berada pada ruangan yang panas dan lembab, dan pastikan ventilasi ruangan yang cukup. Jika anak berkeringat segera keringkan dengan handuk, dan hindari penggunaan bedak pada area biang keringat saat tubuh anak berkeringat.


3. Cacar Air


Meski sudah terdapat vaksin cacar air, tetapi penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster ini masih sering dialami oleh sebagian besar anak-anak. Cacar dapat menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh, dan menimbulkan lenting-lenting berisi air yang merah dan sangat gatal.


Pencegahan: Tingkatkan daya tahan tubuh si kecil dengan makanan dan minuman bergizi, serta tidur yang cukup. Jika di dalam keluarga ada yang terkena cacar air, maka harus segera berobat ke dokter.


4. Impetigo Krustosa (Cacar Madu)


Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi bakteri pada kulit. Biasanya akan timbul bercak kemerahan dan lenting berisi nanah yang mudah pecah dan meninggalkan kerak/keropek berwarna kekuningan (seperti madu), biasanya gejala ini timbul pada daerah dekat lubang hidung dan mulut. Penyakit ini juga mudah sekali menular.


Pencegahan: Menjaga kebersihan kulit dan imunitas tubuh si kecil dengan baik. Hindari kontak langsung dengan kulit seseorang yang mengalami masalah penyakit ini.


5. Kadas atau Kurap


Infeksi kulit ini terjadi akibat adanya jamur yang hidup pada kulit mati, rambut dan jaringan kuku si kecil. Penyakit yang menimbulkan gatal luar biasa ini dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit orang atau hewan yang mengalami masalah ini. Penyakit ini juga bisa menular melalui pemakaian barang secara bersamaan. Kelainan kulit ini biasanya timbul di area lipatan kulit, area yang lembab, dan bisa juga mengenai seluruh tubuh.


Pencegahan: Jaga higienitas tubuh Anda. Hindari penggunaan pakaian atau handuk secara bersamaan, dan rendam baju dengan air panas sebelum di cuci dengan detergen. Jika ada anggota keluarga yang menderita penyakit ini harus segera diobati.


6. Penyakit Tangan, Kaki, Mulut (Hand foot and mouth disease/ HFMD)


Penyakit ini biasanya ditandai dengan demam dan luka nyeri pada bagian mulut. HFMD sering juga dikenal sebagai penyakit flu singapur. Selanjutnya, anak akan mengalami gatal-gatal pada tangan, kaki dan terkadang bokong, disertai dengan timbulnya lenting-lenting berair pada kulit. Penyakit ini disebabkan oleh virus Coxsackie dan Enterovirus.


Pencegahan: Hindari kontak langsung dengan lesi kulit, dan memakai alat makan secara bersamaan. Penting juga untuk menjaga ketahanan tubuh dengan baik.


Nah, itulah penyakit kulit pada anak dan cara pencegahannya semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Dan bagi anda yang sedang mencari cara pengobatan atau obat herbal alami yang ampuh mengobati penyakit kulit kami rekomendasikan obat herbal alami jelly gamat gold g obat herbal alami yang ampuh mengatasi, mengobati, dan menyembuhkan segala macam penyakit seperti penyakit kulit sampai sembuh permanen.


Simak terus obatpanudiapotik.xyz untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya.


Baca Juga : Maknan Yang Mengandung Sumber Nutrisi Pada Kulit

1 komentar: