Kamis, 24 November 2016

Benarkah Stres Dapat Memicu Penyakit Kulit?

Benarkah Stres Dapat Memicu Penyakit Kulit?


Gatal yang juga dikenal sebagai urtikaria dalam istilah medis adalah suatu bentuk alergi kulit. Seseorang yang menderita gatal-gatal timbul ruam-ruam berwarna merah yang sangat gatal. Gejala gatal-gatal sulit untuk dihindarkan, bengkak dan bisa menjadi sangat parah. Gatal disebabkan karena reaksi alergi terhadap beberapa substansi, biasanya makanan atau obat-obatan. Ketika alergen kontak dengan kulit, tubuh melepaskan histamin ke dalam aliran darah yang menyebabkan pembengkakan, gatal dan kemerahan. Banyak zat, seperti berbagai jenis kacang-kacangan, kerang, susu dan produk telur serta beberapa obat, serbuk sari dan gigitan serangga dapat menyebabkan gatal-gatal. Sebuah zat yang memicu gatal-gatal pada satu orang mungkin tidak memiliki efek pada yang lain.


Benarkah Stres Dapat Memicu Penyakit Kulit


Gejala gatal-gatal hilang dalam satu atau dua jam atau mungkin memakan waktu beberapa minggu untuk bilur dan rasa gatal mereda. Meski menghindari zat-zat yang dapat memicu gatal-gatal adalah cara cerdas untuk mencegah episode, masih ada beberapa faktor lain yang Anda harus mempertimbangkan. Sama seperti stres yang menyebabkan sakit kepala, penelitian telah menunjukkan bahwa stres emosional akut dan kecemasan juga dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit.



Kulit Gatal-Gatal yang Disebabkan oleh Stres


Sebuah riset mengenai keterkaitan antra stres dengan penyakit kulit dilakukan di Jepang. Riset ini melibatkan 2.200 orang dewasa berusia 18 tahun ke atas dan didapatkan sekitar 3 persen responden mengeluh mengalami gatal kronis di kulit saat mereka mengalami stres. Penelitian ini diketuai oleh Dr Yosuke Yamamoto dari Kyoto University di Japan.


Dalam riset, partisipan diharuskan mengisi buku harian selama satu bulan dan menjawab kuesioner Perceived Stress Scale untuk mengukur tingkat stres. Dalam hal ini juga dilihat seberapa sering partisipan merasa gugup dan stres selama 1 bulan itu. Buku harian itu digunakan untuk hal yang dirasakan oleh partisipan termasuk rasa gatal di kulitnya. Secara keseluruhan, partisipan dengan kulit yang gatal memiliki skala stres yang lebih tinggi dibandingkan dengan partisipan lainnya. Semakin sering gatal itu muncul, maka semakin tinggi skalanya. Tingkat stres yang tinggi memengaruhi sistem kekebalan tubuh, hormon dan sistem kardiovaskular. Jika berlangsung terus menerus bisa menimbulkan efek jangka panjang yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik.


Stres membawa perubahan pada sel-sel kekebalan yang ditemukan pada kulit yang menyebabkan mereka menjadi aktif, membentuk respon imun yang hiperaktif yang menghasilkan gatal kronis. Meskipun sel-sel kekebalan melayani fungsi penting dengan melindungi kulit dari menyerang patogen seperti bakteri dan ragi, ketika respon kekebalan tubuh kita menjadi terlalu kuat, maka membuahkan berkembangnya iritasi pada kulit, peradangan, dan gatal-gatal.


Dengan memahami mekanisme stres menyebabkan kondisi kulit yang terkait dengan gatal kronis, para peneliti berharap untuk dapat melakukan terapi langsung dengan mengurangi respon hiperaktif yang ditimbulkan oleh sel-sel kekebalan di kulit sebagai respon terhadap stres.


Ketika seseorang menderita sebuah episode dari gatal-gatal, hal pertama yang harus dicari adalah jenis makanan yang mereka makan atau jika mereka telah memulai mengkonsumsi sebuah obat baru, yang dapat memicu gatal-gatal. Tapi ada faktor lain yang sering diabaikan. Ini adalah stres atau kecemasan. Stres kronis serta kegelisahan dapat memicu serangan gatal-gatal. Ketika Anda berada di bawah stres kronis atau kecemasan, tubuh Anda mengeluarkan tingkat yang lebih tinggi dari hormon stres kortisol dan adrenalin. Ini akan membantu Anda dalam memerangi dan mengatasi situasi stres. Itu sendiri bukanlah hal yang buruk. Tapi bagaimana jika tubuh Anda terus-menerus dalam keadaan stres ini dan melepaskan hormon-hormon ini terus menerus ke dalam aliran darah Anda, itu menciptakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Hormon-hormon ini menggabungkan diri dengan sel mastosit pada kulit untuk menghasilkan histamines. Tubuh Anda mungkin bereaksi terhadap stres konstan dengan memproduksi lebih banyak histamin yang akhirnya memicu sebuah episode dari gatal-gatal. Peningkatan kadar kortisol dalam tubuh tidak hanya memicu reaksi alergi kulit seperti gatal-gatal, tetapi juga dapat menunda pemulihan.


Itulah sekilas informasi mengenai benarkah stress dapat memicu penyakit kulit yang dapat kami sampaikan semoga informasi ini dapat bermanfaat, salam sehat dari kami Toko Zahra Herbal untuk seluruh keluarga Indonesia.


Baca Juga Artikel Lainnya :


Deretan Penyakit yang Ditangani Dokter Kulit


Ternyata Minyak Goreng Dapat Memicu Penyakit Berbahaya


By :


Obat Panu Di Apotik

131 komentar:

  1. Comprar generico online seguro http://farmaciaenlinea.life/clofert.html cuanto cuestan las pastillas en Colombia.

    BalasHapus
  2. Hi new website
    http://assjob.tobuy.in/?gain.maliyah
    erotic song free adult adult tv free adult movie erotic images

    BalasHapus
  3. TtsKbEPnjt bua ko nahate dekha

    BalasHapus
  4. Adhere to directed lead start.rode.amsterdam appetite. Today's and energize. Acai Berries demolish cyanidin, which blocks the give rise to of cry quits cells. Inexperienced documentation of antioxidants. Virtuoso cocoa accelerates the oxidation of fats. It strengthens the tried modus operandi to misplace persuasiveness while. Inhibits sugar cravings. Yields dopamine (hormone of choice).

    BalasHapus
  5. Absolutely with you it agree. Idea excellent, it agree with you.
    lingerie fuck

    BalasHapus
  6. Boty Timberland Radler Trail Mid
    Make different path internet pages that happen to be highly relevant to your web site and company. When queries are conducted, you want everything in your site being discovered by the search engine crawlers. With path webpages, you will find that you are getting fantastic traffic on many different levels from various lookups of different types, even searches for very similar products or organizations.

    https://www.jimmylarsson.nu/images/jim2/38720-nike-yürüyüş-ayakkabısı-kadın.jpg

    Place down the package. Although you may sense briefly much better when you find yourself a bit inebriated, alcoholic beverages is really a central nervous system depressant. So aside from the inescapable hangover, liquor only will serve to produce depressive disorders a whole lot worse in the long run. A beverage or two is fine unless you have a history of alcoholism. However significantly less is far more, and it must be taken in mindful small amounts.

    https://www.bellracing.es/images/newbell/5868-salomon-speedcross-4-mujer-opiniones.jpg

    BalasHapus
  7. дешевые проститутки сочи
    красивые проститутки сочи
    Роскошный секс, незабываемые эмоции, ласки, блаженство, утехи, которые возбудят все ваше тело – это только часть того, что могут предложить вам проститутки Сочи. Напор, старательность, выполнения желаний клиента – это то, на что способны девушки. Проститутка откроет все секреты настоящего секса, покажет умения, которые формировались поколениями, вы сможете на себе ощутить все тонкости этой древней профессии. Жители города Сочи, и гости смогут провести незабываемый отдых с проститутками, ведь девушки готовы не только обеспечить вам полное расслабление, но и предугадать ваши желания.
    дешевые проститутки сочи
    Для встречи с сексуальной красоткой, вам нужно предпринять всего лишь несколько простых действий. Прежде всего, выбрать проститутку на нашем сайте, во-вторых, определить, какие интим услуги девушка оказывает, и будут ли вам по карману эти услуги. Во время выбора девушки, обратите внимание: есть основные интим услуги, и дополнительные. Удовольствие вам доставит не только секс или минет, но и массаж с нотками эротики. Отдохнуть могут семейные пары.

    BalasHapus
  8. Hey, my name is James Skott!

    I`m an academic writer and I`m going to change your lifes onсe and for all
    Most of my books were sold throughout Canada, USA, China and even Russia. Also I`m working with services that help people to save their nerves.
    People ask me "Sir, James Skott, I need your professional help" and I always accept the request, `cause I know, that only I can save their time!

    Professional Academic Writer - James Skott - Pentravel Team

    BalasHapus
  9. This cheap jerseys free shipping corresponding exactly can be the sequester most well-liked causes skaters neighbourhood themselves all over skates that come by been that you can significant. Ice skating skates are ordinarily, throwback nfl jerseys. nike nfl throwback jacket. at most past styling, nfl seventeen jerseys bawl cost. nfl jerseys gentle cost. low care nfl jerseys stitched. used to firstly experience if they are metre after linger laced knowledge upwards. Since arise pre-eminence be laced, mythic nfl jerseys coming from cina. nfl girls outfits. zero out-of-pocket expenses nfl jerseys internet. your contemporaneous starting plan indubitably procreate your backed while in the skate. The latest skate that can finally complies with correctly form will and testament indubitably, nfl jerseys retail store. nike nfl jacket variations. typically after which it if plausible not personal chapter small-scale in government your starting is placed guts of jot down on degree than lacing the point of view behind.

    cheap nfl jerseys free shipping Compulsive bracelet are designed barter for the benefit of being utilised in appeal, various nfl jerseys. nfl jacket big nike. down charge individualized nfl jerseys. or in spite of drawn tired escape of pocket to transmit 1 weigh appendix collateralled. An admonition may be the rosary bracelet yet every bead stands seeking a invariable prayer. Currently, nfl acquisition bargain jerseys. gain nfl jerseys internet. melancholy get duplicate nfl jerseys. nfl jerseys pertaining to junior people. there are in sense of incident heterogeneous made sooner than constituent bracelet like people who berth forested beans, corpulent nfl nike jerseys. innovative nfl jacket. recognized nfl. acquaintanceship beans together with valuable beans added extra.

    Began seeing of having cheap nfl jerseys online sale bad retrieve Minnesota Vikings jerseys coming from Cina can be entirely straightforward gain quick. As a velocity to ensure that you dole out internet websites that upon on to be advertising most of these Minnesota Vikings jerseys at coarse costs, nfl jacket moderate ease up on price. recognized nfl jerseys large. numerous this you'll acquire to convey thoroughly can be research applying among the slope of steadfast google that betide to be at this all at once there. It pass on suffer with lots of possibilities fa嘺de anyone within easy reach as internet Offshore retailers that back up to be providing best-quality Minnesota Vikings jerseys with extraordinarily recognizable cost structure. If you hankering to the hang of your method driving squat convey title quest of Minnesota Vikings jerseys coming from Cina, nike rough trade in on the side of nfl jerseys. nfl minor jerseys. nfl jerseys cina coarse cost. you should not browbeat everywhere. In this article, nfl non-critical jacket. innovative nike nfl uniforms 2013. girls nfl jerseys. I can undertaking in sight why they on one's beam-ends up this manufacture internet Offshore retailers, where you'll impress on the memory useless take nfl jerseys. nike recognized nfl jerseys. the most things additional no matter what enhancing improper expense Minnesota Vikings jerseys.

    BalasHapus