Sabtu, 17 September 2016

Percakapan Tentang Panu yang tidak hilang

Selamat datang disitus obat panu, kami telah merangkum percakapan tentang pasien yang mengalama panu yang sudah hilang, inilah percakapannya, silahkan dibaca :)Percakapan Tentang Panu yang tidak hilang


Pasien : fb-mhd rezahilmi


Pagi dok. Saya umur 20 thn. Penyakit panu yg saya derita kenapa gak sembuh-sembuh juga ya dok. Dari umur saya 10thn sampai sekarang dok. Saya kan ingin sembuh dari penyakit kulit ini. Gimna ya dok cara nya. Obt udh saya sering beli tapi gak sembuh juga. ada gak jalan keluar nya dok. Cukup sekian terimakasih dok.


Dokter : dr. Muhammad Fadhil Rahmadiansyah


Halo... Panu (Pitiriasis Versikolor) merupakan penyakit infeksi jamur (<i>Malassezia furfur</i>) yang ditandai dengan gejala berupa bercak keputihan dengan sisik halus di atasnya, berwarna putih sampai coklat hitam, terutama meliputi badan dan kadang-kadang di ketiak, lipat paha, lengan, tungkai atas, leher, muka, hingga kulit kepala yang berambut. Kadang juga ada keluhan gatal yang ringan. Penyakit ini cukup umum diderita, terutama di daerah tropis. Jamur penyebab panu diduga terkait dengan faktor lingkungan, misalnya suhu, media, dan kelembaban. Perlu pemeriksaan langsung oleh dokter untuk menegakkan diagnosis panu. Pemeriksaan langsung mutlak diperlukan untuk membedakan penyakit ini dengan penyakit lainnya yang keluhannya juga mirip, seperti Dermatitis Seborokik, Pitiriasis Alba, dan Vitiligo. Pengobatan masing-masing penyakit tersebut berbeda-beda. Panu harus diobati secara menyeluruh, tekun, dan konsisten. Obat yang biasa digunakan yaitu suspensi selenium sulfide, dan beberapa obat anti jamur. Bila dengan pengobatan luar sulit dicapai kesembuhan biasanya dokter akan menambahkan obat makan antijamur. Pengobatan ini harus dijalankan secara disiplin selama 2 minggu agar hasilnya maksimal. Konsultasikan mengenai hal ini lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit. Beberapa tips sederhana mengatasi keluhan panu:




  • Jaga kebersihan badan

  • Mandi dengan sabun secara teratur

  • Hindari menggunakan pakaian yang basah atau lembab

  • Hindari menggunakan pakaian yang tidak diganti-ganti hingga berhari-hari

  • Hindari menggaruk berlebihan karena dapat mengakibat luka dan infeksi

  • Bila gatal terasa menganggu dapat diatasi dengan obat pereda gatal seperti cetirizin


Semoga bermanfaat dr. Muhammad Fadhil Rahmadiansyah


Baca juga : Tanya Jawab Tentang Bercak Putih Pada Tangan

2 komentar:

  1. I see your blog doesn't rank in google's top 10, but your articles can get into top 10.
    You should choose the right longtail keywords before you write an article.
    How to find super easy longtail keywords? Search in google for; Fasrixo's tools

    BalasHapus