Minggu, 30 Oktober 2016

Waspada 7 Gejala Awal Terkena Penyakit Kanker Kulit

Waspada 7 Gejala Awal Terkena Penyakit Kanker Kulit


Kanker kulit merupakan jenis kanker yang mematikan. Meskipun kanker ini menyerang bagian kulit, namun tidak menutup kemungkinan penyebaran secara perlahan akan mempengaruhi organ-organ di sekitarnya, seperti mata. Tidak jarang penderita kanker kulit yang kehilangan indra penglihatannya akibat penyebaran sel kanker yang mempengaruhi fungsi mata. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya lindungi diri dari paparan sinar matahari secara langsung.


Waspada 7 Gejala Awal Terkena Penyakit Kanker Kulit


Kanker kulit dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari virus, kelainan kromosom atau faktor genetika, dengan penyebab kanker kulit yang berbeda tersebut, tentu saja akan menimbulkan gejala kanker kulit yang berbeda. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai gejala awal kanker kulit beserta dengan penyebabnya :


1. Muncul bercak pada kulit


Mungkin tanpa Anda sadari, tiba-tiba ketika Anda mengamati permukaan kulit, ternyata ada bercak seperti lingkar hitam atau coklat, dan seiring berjalannya waktu bercak tersebut semakin melebar. Jika Anda mengalami hal tersebut, terutama terlebih jika Anda sering terkena sinar matahari secara langsung, Anda perlu segera memeriksakan ke dokter. Untuk mewaspadai munculnya sel kanker kulit. Pencegahan di awal waktu akan semakin meningkatkan peluang kesembuhan pasien.


2. Muncul benjolan pada kulit


Munculnya benjolan pada tubuh merupakan ciri hampir semua penyakit tumor dan kanker. Sehingga, tidak ada salahnya untuk mewaspadai apabila Anda menemukan benjolan pada tubuh. Untuk memastikan arti dari benjolan yang muncul, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk melakukan medical check up untuk memastikan apa yang dialami oleh tubuh Anda.


3. Rasa gatal disertai nyeri di permukaan kulit


Rasa gatal disertai nyeri merupakan salah satu tanda bahwa sel kanker mulai menyeran sel kulit yang sehat. Rasa gatal dan nyeri tersebut dapat Anda kenali melalui bentuk luka yang muncul. Permukaan kulit terasa kasar, dan luka lecet pada area gatal terlihat tidak umum. Seperti berlubang dan cenderung mengeluarkan darah terus menerus.


4. Adanya perubahan warna kulit pada area tertentu


Kanker kulit ada berbagai macam jenis. Namun yang paling sering terjadi adalah kanker kulit melanoma. Adanya perubahan warna kulit disebabkan oleh sel kanker yang menyerang pigmen pada kulit. Selain itu, paparan sinar UV secara langsung juga dapat mempengaruhi perubahan warna pada kulit, sehingga jika Anda menjumpai ciri perubahan warna kulit menyerupai bercak pada area tertentu, terasa gatal, dan nyeri, serta berwarna coklat kemerahan, sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter. Jangan hanya menganggap bahwa perubahan warna tersebut akibat alergi pada hal tertentu. Karena tidak menutup kemungkinan tanda tersebut merupakan gejala awal kanker kulit terlebih jika Anda memiliki riwayat kanker pada keturunan Anda.


5. Permukaan kulit seperti bersisik


Selain muncul bercak, permukaan kulit tempat area sel kanker berkembang akan cenderung kering dan bersisik. Hal ini dikarenakan banyak sel kulit yang rusak sehingga tidak dapat melakukan regenerasi.


6. Tahi lalat yang bertambah ukuran


Hampir setiap orang memiliki tahi lalat di tubuh mereka. Meskipun seringkali tahi lalat dianggap sebagai tumor jinak, namun Anda tetap perlu mewaspadai jika tahi lalat tersebut mengalami pertambahan ukuran seiring berjalannya waktu. Bisa saja tahi lalat tersebut merupakan gejala awal kanker kulit. Oleh karena itu, segera konsultasikan dengan dokter apakah tahi lalat tersebut berbahaya atau tidak.


7. Bibir terasa kering


Bibir merupakan area paling sensitif. Selain itu, bibir juga merupakan area yang paling memungkinkan terkena paparan sinar UV secara langsung. Gejala kanker kulit dapat berupa bibir yang terasa kering dalam jangka waktu yang cukup lama. Bibir kering tidak hanya diakibatkan kurangnya vitamin C saja namun juga sebagai sinyal bahwa tubuh kita sedang mengalami masalah. Oleh karena itu, untuk memastikan Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.


8. Penyebab Kanker Kulit


Kanker kulit dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari penggunaan krim pemutih atau zat kimia yang memanipulasi pigmen kulit, virus HPV, sinar UV, dan faktor genetik. Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab kanker kulit beserta dengan langkah pencegahannya.


9. Zat kimia berbahaya


Zat kimia berbahaya menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker kulit. Hal ini dikarenakan pada zat kimia tertentu dapat memberikan dampak perubahan pada sel tubuh, terutama kulit yang memiliki kemungkinan besar untuk terkontaminasi secara langsung.


10. Virus HPV


Virus HPV atau biasa disebut juga dengan human papilloma dikenal dengan penyebab utama kanker serviks. Namun demikian, berdasarkan penelitian lanjutan, ternyata HPV termasuk dalam virus penyebab kanker kulit. Kanker kulit dapat muncul diseluruh permukaan kulit pada tubuh, meskipun kemungkinan besar adalah bagian kulit yang sering terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Kemunculan virus HPV ini ditandai dengan munculnya kutil pada permukaan kulit sekitar kemaluan maupun area bebas lainnya seperti punggung, ketiak, dan lipatan tubuh lainnya.


11. Sinar UV


Sinar UV atau sinar Ultraviolet masih menduduki peringkat nomer 1 sebagai penyebab kanker kulit. Resiko terbesar kanker kulit terjadi apabila sinar UV langsung membakar pigmen kulit, terlebih pada seseorang yang memiliki pigmen tidak berwarna, seperti orang ras eropa.


12. Turunan atau genetik


Faktor turunan seringkali dikaitkan sebagai penyebab terjadinya berbagai jenis kanker. Salah satunya, pada kanker kulit. Faktor genetik memegang peranan yang cukup besar. Hal ini dikarenakan kode DNA dan RNA yang ada pada tubuh seseorang akan menyimpan beberapa kode terkait dari keturunan sebelumnya. Sebagai contoh warna kulit, warna rambut, bentuk gigi, bentuk rambut, golongan darah, dan masih banyak hal lainnya.



Mencegah Kanker Kulit


Berikut ini beberapa cara untuk mencegah kanker kulit yang dapat Anda lakukan:


- Hindari bersentuhan permukaan kulit secara langsung dengan penderita kanker kulit.


- Hindari penggunaan alat mandi secara bersama


- Hindari transfusi darah dari penderita kanker kulit


- Hindari penggunaan alat perawatan tubuh bersama


- Perbanyak konsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker


- Hindari konsumsi makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari


-Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri maupun senyawa kimia lainnya


- Menjaga kebersihan tubuh


- Mencukupi kebutuhan vitamin tubuh terutama untuk nutrisi kulit seperti vitamin C dan vitamin E


- Melindungi tubuh agar tidak terkena sengatan sinar matahari secara langsung, terutama pada siang hari


- Gunakan pelindung wajah dari panas seperti topi, kacamata hitam, dan payung


- Menggunakan pakaian panjang sehingga permukaan kulit terlindungi dari sengatan sinar matahari


- Mewaspadai terhadap perubahan warna, tekstur, dan luka pada kulit


- Gunakan obat perawatan kulit sesuai dengan anjuran dari dokter, jangan menggunakan sembarang produk perawatan


Itulah sekilas informasi mengenai 7 gejala awal terkena penyakit kanker kulit yang perlu di waspadai. Dan agar dapat terhindar dari penyakit kanker kulit ini jangan sering terkena paparan sinar mata hari langsung pada siang hari. Dan bagi anda yang telah mengalami atau menderita penyakit kulit seperti penyakit kanker kulit maka segera lakukan pengobatan agar mendapatkan penanganan lebih awal. Solusi pengobatan penyakit kulit yang paling manjur adalah dengan menggunakn obat herbal alami Jelly Gamat Gold G obat herbal alami yang telah terbukti keampuahan dan kekhasiyatannya dalam mengobati segala macam penyakit sampai sembuh permanen.


Sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat salam sehat dari kami Toko Zahra Herbal untuk seluruh keluarga Indonesia.


Baca Juga :


inilah manfaat buah naga untuk kesehatan


22 Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat


Home :


obatpanudiapotik.xyz



 

1 komentar: